Jumat, 11 September 2009

Situs Game Online Semakin Ramai

PC Games online yang notabene bisa dimainkan secara keroyokan di game centre ternyata makin populer saja. Menurut survei dari ComScore, angka pengunjung game online di seluruh dunia tumbuh sebesar 17 persen menjadi 217 juta.

"Satu dari empat pengguna internet di seluruh dunia mengunjungi situs game online, game ini tentu sangat populer dan telah menjadi sebuah fenomena global," sebut Bob Ivins, direktur ComScore Eropa seperti dikutip detikINET dari IT News.

Fenomena ini sepertinya bertolak belakang dengan pernyataan John Riccitiello dari produsen game Electronics Art Senin lalu, yang menyatakan bahwa game mulai membuat para penggemar game 'mati bosan'. Ia juga sempat mengkritik banyaknya game yang semakin sulit dimainkan. Pernyataan Riccitiello tersebut barangkali merupakan refleksi dari performa EA sendiri yang mengalami penurunan jumlah pengunjung game onlinenya dari 30,5 juta pada bulan Mei 2006 menjadi 21,2 juta pada Mei 2007.

Di sisi lain Informasi Komputer, meski meningkatnya pengguna game online ini tak berkorelasi langsung dengan penjualan software game biasa, EA sendiri memiliki masalah pada mahalnya biaya. Hal ini disebabkan karena mereka biasa membuat game dengan kerumitan grafis serta tingkat kesulitan permainan yang tinggi. Walhasil, software game produksi mereka pun semakin mahal harganya. Padahal, konsumen game masa sekarang memang semakin meminati game online daripada harus membeli sebuah software game yang cukup mahal, apalagi harus diinstal (Instalasi Internet) terlebih dahulu dan memerlukan perhatian khusus.

Popularitas situs game online seperti Yahoo Games (memiliki 52,7 juta pengunjung pada bulan Mei) dan MSN Games (memiliki 40,3 juta pengunjung) mengindikasikan bahwa perusahaan game seharusnya membuat software game yang lebih murah untuk mempertahankan pasar.

detikinet.com

Dukung Kampanye Stop Dreaming Start Action Sekarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar