Selasa, 08 Desember 2009

Tips Beli Komputer Baru


Monitor
Saat ini, ada dua jenis monitor yang dapat Anda pilih: CRT yang memakai tabung, dan LCD (layar datar) yang menggunakan cairan untuk displaynya. Harga monitor CRT jauh lbih murah dibanding LCD, ingatlah belilah di toko komputer resmi.

Saat menjatuhkan pilihan pada monitor CRT, perhatikanlah poin pentingnya: kerapatan pixel (semakin kecil nilainya makin halus displainya), resolusi maksimal, dan refresh rate.

Bila Anda memiliki dana lebih, disarankan untuk membeli monitor LCD. Selain tampilannya lebih nyaman bagi mata, ia juga hemat tempat dan hemat listrik.

Prosesor
Secara hampir bersamaan, awal Januari lalu Intel merilis Pentium Extreme Edition 955, sementara AMD mengeluarkan Athlon FX-60. Kedua prosesor ini adalah yang terbaik di kelas desktop. Yang menarik, keduanya bertipe dua core (memiliki dua inti di dalamnya).

Apakah dua inti lebih baik daripada satu inti? Tidak selalu. Prosesor inti-ganda baru terasa performanya saat kita melakukan multitasking atau melakukan dua pekerjaan atau lebih pada saat bersamaan. Namun di masa depan, situasinya akan berubah.

Jika aktivitas PC Anda lebih ke aplikasi Office atau multimedia, kami menyarankan Pentium D 820. Namun untuk PC Gaming, Athlon X2 3800+ masih lebih baik.

Motherboard AMD
Semua pabrikan besar memiliki motherboard berbasis nForce-SLI, bahkan dengan beberapa varian dan rentang harga yang lebar. Motherboard seharga US$ 150 ke bawah biasanya cuma memanfaatkan fasilitas standar chipset. Namun itu bukan juga hal yang buruk, karena chipset NF-4 SLI sudah memiliki spesifikasi yang tinggi.

Bagi Anda yang memiliki dana ketat, solusinya adalah menggunakan motherboard yang sudah ada fasilitas grafis onboard.

Motherboard Intel
Saat ini pembeli PC sudah banyak yang memilih motherboard dengan chipset generasi 915. Seperti biasa, moderboard dengan fungsi grafis onboard adalah yang paling dicari konsumen. Kami merekomendasikan chipset Intel 915G sebagai pilihan, karena chip grafisnya sudah mendukung directX 9. Tetapi perlu dicatat, chipset 915G hadir dalam tiga versi, yakni i915G standar, i915GV, dan i915GL.

Kartu Grafis
Kartu grafis PCI-Express (PCIe) diperkirakan masih terus digunakan dan menjadi tren sampai setidaknya 1 - 2 tahun ke depan. Jadi bila Anda berencana membeli PC di
toko komputer, kami sarankan untuk membeli sistem yang sudah menyediakan slot grafis PCIe. Sistem dengan AGP memang tidak buruk, tetapi dipastikan akan semakian ketinggalan jaman, bahkan diramalkan akan menghilang


http://forum.sumsel.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar