Rabu, 27 Januari 2010

10 Tips Mengamankan Komputer Saat Liburan



Libur telah tiba, banyak pekerja kantoran memilih mengambil cuti untuk menghabiskan libur di akhir tahun. Ini berarti, puluhan bahkan ratusan komputer desktop (accessories computer) di kantor nganggur tak bertuan.

Pastikan komputer Anda aman di kantor ataupun di rumah sehingga libur menjadi lebih tenang. Entah itu laptop ditinggal di kantor atau rumah, atau dibawa berlibur, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Sebelum meninggalkan kantor atau rumah, pastikan komputer dan monitor dalam keadaan tidak aktif. Jika memang komputer harus standby agar Anda dapat bekerja secara remote, paling tidak matikan monitor.

2. Biar aman, cabut steker yang menghubungkan komputer dengan sumber listrik. Selain untuk meminimalisir hal-hal buruk seperti korslet, juga demi menghemat listrik.

3. Matikan dan cabut steker perlengkapan atau accessories computer Anda yang lainnya seperti printer, Uninteruptible Power Supply (UPS), speaker, dan perlengkapan komputer lainnya. Jangan lupa juga matikan alarm jam agar tidak mengganggu karyawan lain yang bertugas piket di kantor saat libur.

4. Back up data-data yang ada pada komputer atau server sebelum berlibur. Ini akan bermanfaat jika suatu saat terjadi malfunction pada sistem yang menyebabkan data hilang.

5. Putuskan (disconnect) akses jaringan komputer Anda ke semua workstation dan server. Matikan juga akses modem ke workstation atau server.

6. Jangan lupa kunci pintu ruangan kerja Anda agar peralatan computer dan accessories computer Anda aman.

Bagi yang menggunakan laptop:

7. Jangan meninggalkan laptop di dalam mobil jika memang Anda tak berniat membawa laptop saat berlibur. Simpan laptop Anda di tempat yang aman.

8. Jika Anda berniat membawa laptop saat berlibur dengan menggunakan pesawat, jangan masukkan laptop ke dalam bagasi, tetapi bawalah ke kabin.

9. Pastikan laptop dalam keadaan mati atau paling tidak dalam posisi hibernation sebelum membawa serta laptop dalam perjalanan.

10. Jangan menaruh tumpukan barang di atas laptop. Beban yang terlalu berat di atas laptop dapat menyebabkan laptop Anda rusak. Apalagi menumpahkan minuman pada laptop.

detikinet.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar