Minggu, 24 Januari 2010

Merawat & Memilih Keyboard

Keyboard adalah salah satu komponen yang melengkapi komputer. Bagi kamu yang sering menghabiskan waktu didepan komputer, menggunakan keyboard yang benar-benar nyaman dipakai adalah hal yang penting diperhatikan agar jari-jari dan pergelangan tangan tidak sakit dan tegang

Bagaimana sih memilih keyboard yang nyaman di pakai.

1. Pilih keyboard yang ergonomis

Bagi yang sering berintraksi dengan komputer disarankan untuk memilih keyboard yang ekonomis. Seperti dilansir monstersandkritics.com, Stefan Willecke dari Majalah PC-Welt mengungkapkan, keyboard yang ergonomis akan membantu mengurangi ketegangan pada pergelangan tangan anda. Perhatikan juga kenyamanan dan kemudahan menekan tombol keyboardnya.

Keyboard ergonomis biasanya berbentuk datar dan umumnya dibagi dalam dua segmen. Terkadang juga terdapat Track Ball yang bisa digunakan sebagai mouse. Semua fasilitas ini dihadirkan guna menghindari pengguna meletakkan tanganya dalam posisi yang salah, yang berakibat pada sakit yang berkepanjangan.

2. Warna keyboard berpengaruh pada penglihatan

Warna juga menjadi salah satu unsur penting ergonomis. Hindari warna yang kontras, karena warna-warna tersebut tidak masuk dalam kategori ergonomis. Pilih warna keyboard yang tidak "sakit" dipandang mata. Umumnya warna hitam dan perak yang banyak di pilih konsumen. Pilih dengan matang karena banyak pilihan di toko komputer.

3. Pertimbangkan fungsi extra yang disediakan oleh keyboard

Fungsi-fungsi extra tersebut akan mempermudah kerja anda selagi bergulat dengan komputer. Beberapa keyboard yang mahal bahkan ada yang dilengkapi tombol untuk memeunculkan program kalkulator saku Windows. Ada juga keyboard yang memungkinkan pengguna memberi fungsi pada tombol tambahan. Artinya seluruh aktifitas yang sudah dilakukan bisa dipanggil kembali hanya dengan menekan tombol di keyboard.

4. Bagi pengguna yang menginginkan keamanan

Pada komputernya, bisa dimulai dari keyboard pasalnya, saat ini sudah tersedia keyboard yang bisa mendeteksi sidik jari inilah yang menentukan apakah seseorang bisa menggunakan keyboard tersebut atau tidak.

5. Pilih keyboard dengan port USB

Fasilitas ini memudahkan Anda yang senang berkelut dengan pemutar MP3 atau kamera digital

6. Sesuaikan harga keyboard dengan kantong anda

Soal harga? Pastinya ada banyak variasi harga keyboard di toko komputer mulai dari Rp. 50.000,- untuk keyboard biasa hingga Rp. 300.000,- untuk keyboardyang dilengkapi dengan multimedia. Sementara itu keyboard ergonomis tersedia dengan harga sekitar Rp. 80.000,- Sesuaikan dengan kebutuhan dan kapasitas kantong anda sesaat akan membeli keyboard.

7. Rawat Keyboard dengan cara rajin membersihkanya

Barang mahal sekalipun, jika tidak dirawat lama kelamaan akan rusak. Gunakan kuas untuk membersihkan sela-selan tombol keyboard, Dan jangan makan atau minum di dekatnya karena bisa saja tanpa sengaja Anda akan menumpahkan makanan atau minuman pada keyboar.

www.mahadesain.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar