Senin, 25 Januari 2010

Penjualan Laptop dan Netbook Makin Meningkat


Penjualan komputer jinjing di Kota Bandung meningkat memasuki tahun ajaran sekolah baru. Komputer itu dibutuhkan pelajar atau mahasiswa untuk mengerjakan tugas. Hingga pekan ini, penjualan diperkirakan masih tinggi.

Beni Kurniawan (27), penunggu Toko Komputer Xion Digital City di Bandung, Sabtu (25/7), mengatakan, penjualan komputer jinjing tipe netbook melonjak. Biasanya, penjualan di toko komputer itu sekitar dua netbook per hari, tetapi kini bisa lima netbook.

Peningkatan penjualan menjelang pelajar masuk kembali ke sekolah itu sudah berlangsung sejak sekitar tiga minggu lalu. Komputer paling laris adalah netbook dengan harga sekitar Rp 4 juta-Rp 5 juta. Konsumen menganggap, fasilitas komputer itu cukup lengkap.

Komputer netbook dengan harga sekitar Rp 4,6 juta, misalnya, dilengkapi prosesor Intel Atom N270, random access memory (RAM) 1 gigabyte, harddisk 160 gigabyte, layar 11,1 inci, kamera 3 megapiksel, dan Windows XP Home Edition.

Komputer dengan harga berkisar Rp 5 juta memiliki prosesor AMD Turion X2 RM-75, RAM 1 gigabyte, harddisk 320 gigabyte, layar 14,1 inci, webcam 1,3 megapiksel, multi cardreader, speaker, modem, dan local area network.

"Harga netbook paling murah Rp 2,9 juta, tetapi tergantung konsumen. Ada yang cari komputer canggih. Harganya lebih mahal, lebih dari Rp 6 juta," kata Beni.

Yanto (34), pengelola Toko Komputer J2 Comp, mengatakan, komputer jinjing tipe notebook yang paling laris adalah produk dengan harga sekitar Rp 6 juta. Adapun penjualan tipe netbook terbanyak, harga produknya berkisar Rp 3,5 juta-Rp 4 juta.

Komputer notebook dan netbook dengan kisaran harga tersebut masing-masing mencakup 70 persen dari total penjualan. Komputer itu sudah bisa digunakan untuk mengetik, internet, dan memainkan musik. Tipe notebook yang termasuk mahal seharga Rp 20 juta atau lebih.

Menurut pengelola toko komputer Yanto, komputer mahal dibutuhkan pekerja dengan bidang seperti desain grafis, planologi, dan geologi. "Kinerja dan spesifikasi komputer untuk pekerjaan itu harus tinggi. Komputer mahal juga dicari mereka yang bermain dengan penampilan grafis maksimal," katanya.

cetak.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar