Senin, 01 Februari 2010

Adakah PC Rakitan yang Baik?

Mengapa membeli PC rakitan? Jawabannya sederhana, lebih murah dibandingkan PC built-up. Dengan spesifikasi yang sama, PC rakitan bisa 40% lebih murah dari PC built-up di toko komputer.

Kelebihan lain dari membeli PC rakitan adalah bisa menentukan sendiri spesifikasi PC sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kita.

Dengan fleksibilitas menentukan spesifikasi tersebut, kita bisa pertimbangkan hal-hal berikut ini untuk membeli PC rakitan.

Tentukan terlebih dahulu kebutuhan kita. Apakah kita merakit/membeli PC untuk keperluan gaming, keperluan manipulasi grafik, atau hanya untuk mengetik menggunakan aplikasi office saja. Dengan menentukan kebutuhan terlebih dahulu kita bisa menentukan setinggi apa spesifikasi PC yang harus kita beli.

Tentukan Sistem Operasi apa yang akan kita pakai. Jika kita menggunakan Sistem Operasi Windows Vista, tentu saja kita memerlukan PC yang lebih mahal dibanding jika kita menggunakan Widows XP, Windows 98 ataupun Linux.

Konsultasi dengan yang lebih berpengalaman. Berkonsultasi dengan teman yang lebih mengerti tentang hardware PC bisa sangat membantu kita dalam memilih komponen yang bagus tetapi tidak mahal, misalnya komponen dari merek yang tidak terkenal.

Untuk budget besar, jangan memaksakan diri membeli komponen PC spesifikasi tertinggi, pilihlah 3 tingkat di bawahnya. Perbedaan harga komponen PC spesifikasi tertinggi dengan yang 3 tingkat di bawahnya sangat jauh. Mempunyai PC tercepat dari model terbaru tentu saja membanggakan. Tapi ingat, 2 sampai 3 bulan lagi PC tersebut bakal ketinggalan dibanding generasi yang lebih baru lagi.

Beli PC di misalnya toko komputer yang bisa diupgrade. PC yang bisa diupgrade biasanya memiliki slot RAM yang cukup banyak, memungkinkan untuk ditambah. Tipe motherboard yang kompatibel dengan processor dan RAM terbaru juga bisa memudahkan upgrade.

Cari komponen yang distributor dan garansinya jelas. Pastikan komponen PC yang kita beli bergaransi dan alamat distributornya jelas. Jangan sampai beli komponen yang tertulis garansi life time, tetapi tidak jelas keberadaan distributornya.

ramerameblog.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar