Senin, 08 Februari 2010

Maksimalkan Kinerja Mouse Optik Komputer

Tahukan mouse optik? Sekilas, mouse optik adalah mouse yang menggunakan sinar infra. Pernah Anda mengalami mouse optik yang Anda gunakan tiba-tiba tidak berperforma dengan baik? Kali ini kita akan melihat tips untuk meningkatkan performa untuk mouse optik sehingga akan memiliki kinerja yang lebih baik dan lebih optimal tentunya.

Untuk meningkatkan performa mouse optic ada beberapa yang mesti dilakukan, yakni:

Gunakan Mouse pad yang Tidak Bergambar

Mouse pad merupakan sebuah benda yang biasa digunakan sebagai alas mouse. Jarang yang menyadari, menggunakan mouse pad yang bergambar adalah kesalahan umum yang paling banyak terjadi, kenapa dikatakan salah? Ini karena lampu infra yang berada di bawah mouse memiliki sensitifitas yang cukup tinggi apalagi terhadap gambar-gambar yang berada pada mouse pad. Maka dari itu jika kita menggunakan mouse pad yang bergambar, terkadang gerakan cursor suka berpindah-pindah bahkan loncat-loncat atau responnya tidak secepat menggunakan mouse pad yang polos karena keakuratan mouse terhadap objek layar monitor menjadi berkurang

Karena itu sebaiknya Anda menggunakan mouse pad yang tidak bergambar (polos) dan pilihlah bahan yang tidak menyerap sinar infra. Mouse pad yang bergambar tidak masalah jika Anda menggunakan mouse yang masih scroll ball (mouse yang menggunakan bola dibagian bawahnya). Untuk membelinya bisa dipilih di toko komputer.

Perhatikan Terangnya Cahaya Lampu dan Keseimbangan Nyala Lampu

Mungkin tidak ada salahnya jika ketika Anda ingin membeli mouse optik sebelum adanya transaksi Anda cek terlebih dahulu kondisi lampu infra, jangan membeli mouse dengan cahaya infra yang tidak terang atau cahaya redup-nyala, atau cahayanya bergetar.

Untuk perawatan sebaiknya Anda memperhatikan kebersihan dari lampu infra yang ada dibawah mouse tersebut, karena jika hanya sehelai rambut yang menempel pada lampu, akan mengganggu sistem kerja mouse itu sendiri. Maka pastikan area lampu tetap bersih dari kotoran, debu dan benda-benda asing lainnya. Saat membelinya di toko komputer kita bisa bertanya mengenai cara perawatanya.

Semoga Berguna.

www.ceklagi.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar