Kamis, 04 Februari 2010

Membeli Komputer




1. Sesuaikan, seimbangkan, dan selaraskan antara spesifikasi komputer dengan kebutuhan. Sebaiknya tidak asal membeli komputer, coba bertanya pada diri sendiri, untuk apa komputer tersebut dipakai?
    1. Office class
    2. Gaming class
2. Kumpulkan berita dan review dari berbagai perangkat/komponen yang akan dibeli, atau tanggapan dan kesan-kesan orang lain ketika memakainya.
semuanya dapat dicari dari majalah-majalah (baik yang cetak maupun online, seperti chip, pc world, pc magazine, pc komputer, pc guide, pc plus, dll) atau situs-situs reviewer seperti anandtech, tom hardware, hardocp, dan lain-lain. Jangan hanya mengandalkan satu sumber saja, apalagi itu adalah sebuah majalah atau situs yang disponsori oleh merek produsen tertentu. Biasanya tulisan atau laporan dari pengalaman banyak orang lebih dapat dipercaya.

3. Bertanyalah dan bandingkan ke banyak toko/penyalur perangkat/komponen.
semakin banyak kita bertanya, maka semakin bebas kita memilih. Sangat riskan apabila kita hanya datang bertanya kepada satu toko saja lalu tertarik untuk membelinya. Hal ini dapat menjadi rasa sesal apabila perangkat yang telah dibeli ternyata pada toko komputer lain ditawarkan dengan harga yang lebih murah atau layanan purna jual yang lebih baik.

4. Ajaklah teman atau saudara yang mengerti komputer ketika akan memilih atau melakukan pembelian. jangan menyerahkan ketidaktahuan anda kepada pihak toko komputer. Sudah hukum pasar apabila toko hanya tahu bagaimana caranya agar dagangannya dapat terjual. Baik itu dengan bujukan atau penipuan kasar sekalipun akan mereka lakukan. Dengan adanya teman atau saudara yang memiliki pengetahuan cukup mengenai perangkat/komponen komputer kita akan merasa aman dan nyaman. Bertanyalah sebanyak-banyaknya sebatas pengetahuannya. Cobalah untuk memberi keleluasaan kepadanya untuk memberikan pendapatnya

5. Perhatikan apa yang dapat ditawarkan oleh toko penjualnya.

Selain perangkat/komponen itu sendiri, ada beberapa hal penting yang harus kita ketahui saat membelinya: layanan purna jual (sistem garansi, jenis service yang ditawarkan, apakah pihak toko komputer dapat menerima trade-in, dan lain-lain), lokasi service, nomor telepon, ketersediaan perangkat cadangan (stock). Jangan terbuai dengan bonus-bonus yang disertakan pada perangkat tersebut, fokuskan pada kualitas, layanan, dan harga yang pantas.



Internet

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar