Minggu, 07 Februari 2010

Tips Menjaga Kesehatan di Depan Layar Monitor

Berapa jam dalam sehari Anda berhadapan dengan monitor komputer? Rata-rata pekerja kantoran berhadapan dengan monitor komputer lebih dari lima jam sehari. Kondisi ini tentunya akan berdampak pada kesehatan Anda.

Monitor komputer akan menyebabkan mata lelah, nyeri punggung, bahu dan leher. Namun ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kelelahan dan ketegangan mata saat bekerja di depan komputer.


Pertama, bekerjalah dalam ruangan yang cukup cahaya.
Perhatikan pencahayaan dalam ruang kerja Anda. Jangan bekerja dalam ruangan yang terlalu terang dan menyilaukan mata.

Gunakan kerai untuk mengatur cahaya dari jendela. Letakkan lampu di atas kepala. Hindari menatap cahayanya secara langsung. Sebaliknya, jangan pula bekerja dalam ruangan yang terlalu gelap atau redup. Usahakan agar ruangan anda cukup terang agarmata anda tidak bekerja terllau keras.


Kedua, gunakan filter monitor.
Untuk mengurangi sinar yang menyilaukan dan radiasi yang dipancarkan layar monitor, gunakan accessories komputer filter glass monitor.

Accessories computer
berupa filter yang baik dan mampu mengurangi pengaruh radiasi, bukan hanya sekadar meredupkan cahaya monitor.


Ketiga, periksa monitor Anda.
Periksa apakah monitor Anda masih bekerja dengan baik? Bandingkan dengan monitor lain. Bila gambar yang tampak semakin buram, berkedip-kedip atau tidak nyaman bagi mata Anda, maka sudah waktunya untuk memperbaiki atau mengganti monitor itu. Lebih baik mengganti monitor daripada membiarkan mata Anda terganggu. Sering-seringlah membersihkan monitor dari debu dan kotoran yang mengganggu layar.

Keempat, letakkan kertas kerja agar mudah dibaca.
Jika Anda harus bekerja dengan menyalin atau membaca kertas kerja, maka letakkan kertas kerja itu dalam jarak yang seimbang dengan monitor Anda. Ini agar Anda tidak perlu bolak-balik memfokuskan pandangan untuk membaca kertas kerja Anda, setelah membaca di layar monitor.

Kelima, perhatikan posisi monitor.
Letakkan layar monitor sedemikian rupa sehingga membentuk sudut antara 10-15 derajat dari posisi sejajar dengan pandangan lurus Anda. Hal ini selain agar tidak melelahkan mata Anda, juga menjaga agar bahu dan leher Anda cukup nyaman bekerja.

Keenam, bekerjalah dengan font yang cukup besar.
Bila Anda harus mengedit tulisan di depan komputer, pastikan ukuran atau font huruf yang Anda gunakan cukup besar. Jangan paksa mata Anda untuk membaca huruf kecil pada monitor. Mata anda bukanlah mikroskop bagi tulisan yang ada di layar monitor.

Gunakan fasilitas untuk memperbesar atau menyesuaikan besar tampilan gambar di monitor Anda. Bila Anda telah selesai mengedit atau membacanya, Anda bisa kembalikan font itu ke posisi semula.


Ketujuh,, istirahatkan mata Anda.
Pejamkan atau kerjap-kerjapkan. Jangan kucek-kucek mata Anda. Namun, sering-seringlah berkedip. Ini dapat menurunkan ketegangan dan menjaga mata Anda tetap basah dan sejuk.

Bila Anda terlalu lama melihat dalam jarak dekat, alihkan pandangan Anda ke arah yang jauh. Lakukan selama beberapa menit setiap 30 menit.


www.indowebster.web.id

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar