Kamis, 25 Maret 2010

Tips Memilih Notebook yang Tepat



Jika dulu notebook merupakan barang yang mewah dan sulit dijangkau, kini notebook sepertinya sudah menjadi suatu kebutuhan hidup.

Berikut beberapa langkah yang dapat dijadikan pegangan sebelum membeli notebookc di Toko Komputer :

1. Tentukan tujuannya Untuk apa notebook yang nantinya akan Anda beli? Untuk pekerjaan kantor? Tugas sekolah atau kuliah? Atau sekedar browsing Internet? Atau bahkan untuk dihadiahkan ke teman, anak, suami, atau istri Anda? Atau hanya digunakan untuk bermain game?

Misalkan, Anda atau anak Anda ingin membeli notebook untuk bermain game, maka Anda memerlukan kartu grafis dengan kapasitas yang cukup memadai, dan sesuai dengan kemampuannya. Jangan membeli notebook dengan kartu grafis yang ‘on board’ meskipun dari segi spesifikasi cukup menggiurkan, karena kemampuan kartu grafis ‘on board’ jauh di bawah kartu grafis yang add on. Semakin bagus kartu grafis, semakin mahal pula harganya, sehingga Anda perlu memperhitungkan budget-nya. Jika notebook tidak untuk bermain game atau misalkan untuk pekerjaan kantor, Internet atau edit video, maka yang Anda perlukan bukan kartu grafis yang bagus, tetapi harga notebook yang cukup murah.

1. Cermati Pemilihan Hardware

Pada langkah ini, Anda harus memutuskan seberapa cepat sistem notebook yang Anda inginkan. Hal ini penting, karena jika Anda salah dalam menentukan pilihan maka Anda tidak akan bisa mengganti bagian dalam notebook yang sudah dibeli. Selain itu, Anda perlu memikirkan mengenai komponen motherboard di dalam laptop, termasuk tipe processor, RAM, fasilitas, slot yang ada, baik on board ataupun add on, juga tipe chipset. Mungkin Anda perlu memikirkan spesifikasi notebook sesuai dengan kebutuhan program yang akan dijalankan. Processor. Processor akan menentukan kecepatan pemrosesan sistem computer ketika mengeksekusi suatu program. Saran terbaik mungkin ambil processor dual cor, Intel Core 2 Duo atau AMD X2, tergantung dengan kocek Anda juga.

1. Memori (RAM)

Perangkat ini akan menyimpan data sementara dari program yang sedang berjalan. Semakin besar kapasitas penyimpanan RAM maka semakin banyak program yang bisa dijalankan secara bersamaan. RAM yang besar juga diperlukan untuk menjalankan program program berat seperti pengolah grafis dan video. Untuk sekarang ini, RAM yang cukup handal biasanya memiliki kapasitas di atas 1GB. Sesuaikan kapasitas RAM dengan kebutuhan, merk atau spesifikasi yang dijanjikan.

1. Harddisk (HDD)

Perangkat ini akan menyimpan data atau file musik, video, gambar, dokumen, pekerjaan kantor, dan sebagainya, dan biasanya dalam waktu yang lama. Semakin luang kapasitas HDD maka akan semakin banyak file yang dapat disimpan. Namun, sesungguhnya performa notebook tidak akan terlalu terpengaruh oleh besarnya kapasitas harddisk.

1. Garansi

Hal ini penting untuk mengecek lama berlaku garansi, dan tanyakan apakah garansi resmi atau garansi Toko Komputer tersebut.

1. LCD (layar)

Hal ini sangat berlaku untuk barang bekas. Cek apakah ada dot yang mengganggu tampilan di layar. Jika masih baru biasanya tampilan layar yang putih akan terlihat putih sekali, sedangkan yang agak lama menjadi putih kekuningan.

1. Periksa baterai

Baterai harus di-charger penuh dan normalnya biasanya hanya cukup untuk 1-2 jam pemakaian, kecuali untuk notebook yang memang memiliki kemampuan baterai yang tahan lama.

mracomputer.net

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar