Kamis, 20 Mei 2010

Mau Pasang Iklan Baris? Perhatikan Hal Ini


Ketika kita sedang memasang iklan baris atau menyebar iklan baris ada beberapa elemen yang perlu kita perhatikan. Elemen tersebut antara lain:

1. Judul Iklan

Iklan baris bisa dikatergorikan sebagai sebuah karya tulis. Dalam sebuah karya tulis , judul memegang peranan yang sangat penting. Memang kita sering mendengar slogan “don’t judge a book from its cover” atau “jangan menghakimi sebuah buku dari sampulnya”. Namun faktanya sebagian orang tetap saja “menghakimi” adalah sebuah buku dan karya tulis lainnya langsung dari covernya. Dan salah satu bagian utama dari sebuah cover adalah judul. Kalau judulnya sudah tidak menarik, orang jadi enggan untuk membacanya.

2. Isi Iklan

Seperti yang kita ketahui, isi iklan adalah bagian inti dari sebuah iklan. Jika judul iklan bertugas untuk menarik perhatian para pembaca, isi iklan bertugas untuk menyampaikan keseluruhan informasi dari pemasang iklan kepada para pembaca. Untuk tersampainya informasi dari orang yang membuat iklan kepada orang yang membaca iklan baris, tentunya diperlukan efisiensi iklan. Sedikit “bocoran” mengenai efisiensi dari pemasangan iklan adalah gunakan kalimat yang sederhana dan berbobot.

Apa tujuan menggunakan kalimat yang sederhana dan berbobot?

Tentunya agar kita bisa menyampaikan informasi kepada sebagian besar pelanggan. Coba bandingkan kedua kalimat iklan berikut ini:

“Senyawa Fe2+ yang terkandung dalam kapsul ini dapat meningkatkan produksi trombosit dalam darah sehingga tubuh anda lebih fit.”

“Obat ini dapat menambah darah sehingga anda tidak mudah lelah.”

Kedua kalimat diatas intinya sama. Namun kalimat yang pertama mungkin hanya dipahami orang-orang yang berpendidikan tinggi. Sedangkan kalimat yang kedua dipahami lebih banyak orang lagi.

Tidak masalah jika pasar yang hendak kita tuju adalah orang-orang yang berpendidikan tinggi saja. Namun jika kita ingin pangsa pasar kita lebih lebar, tentunya kita harus membuat kalimat promosi yang dipahami oleh lebih banyak orang dan lebih banyak kalangan.

3. Kategori Iklan

Nilai pentingnya sebuah kategori dalam pemasangan sebuah iklan baris juga tidak bisa dianggap enteng. Sebuah kategori cukup menentukan dibaca atau tidaknya iklan baris yang anda pasang. Loh kok bisa?

Ambil contoh seperti ini; Jika anda adalah seorang juru masak yang ingin memasang tempe goreng. Di bagian pasar manakah yang akan anda tuju; bagian para penjual bahan masakan atau bagian para penjual baju? Ah, tanpa saya jawab pun, anda pasti sudah tahu. Begitu pula dengan pemilihan kategori dalam ketika memasang iklan baris. Memasukkan iklan jualan rumah tapi di dalam kategori iklan komputer, tentu hasilnya tidak seefektif ketika kita memasang iklan baris sesuai dengan kategorinya.

iklanbarisgratis1.com

Temukan semuanya tentang Bisnis & Pasang Iklan: Iklan & Jasa - Iklan Baris & Iklan Gratis - Indonesia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar