Kamis, 20 Mei 2010

Pasang Iklan dan Faktor Internal Keberhasilan Iklan


Ketika kita berbicara tentang faktor internal dari sebuah iklan, berarti secara tidak langsung kita membahas mutu atau kualitas dari iklan itu sendiri. Iklan yang bermutu membuat informasi dalam sebuah iklan diterima oleh target iklan dengan baik. Dan sebaliknya, iklan yang tidak bermutu membuat informasi dalam hal pasang iklan tidak diterima oleh target iklan.

Faktor internal dalam sebuah pasang iklan itu sendiri dapat dibagi menjadi beberapa hal. Antara lain; Judul Iklan, Isi Iklan, Visualisasi dan Audio.

Tidak semua iklan tersusun oleh keempat hal tersebut. Iklan baris misalnya, tentu tidak tersusun atas komponen audio. Sehingga penilaian bermutu atau tidaknya sebuah iklan baris, ditentukan oleh judul iklan (jika ada) dan isi iklan.

Lain halnya dengan iklan baris, poster (yang notabene sama-sama iklan cetak) memiliki komponen visualisasi yang sangat penting untuk di optimalisasi. Bahkan, mutu dari iklan jenis poster sangat ditentukan komponen visualisasi poster yang disebut sebagai desain (design). Desain yang menarik, lucu, dan unik pasti akan membuat orang melirik dan membaca poster tersebut. Dan secara tidak sengaja, informasi yang ingin disampaikan oleh pemasang iklan kepada target iklan mejadi tersampaikan.

Lain lagi dengan iklan di radio dan televisi. Bisa dikatakan bahwa kedua iklan ini hampir tidak di pengaruhi oleh judul iklan. Hal ini karena sebuah iklan di televisi dan radio memang tidak membutuhkan judul iklan sebagai penarik perhatian. Yang paling utama adalah apakah visualisasi iklan tersebut unik (untuk iklan tv) dan apakah ada kata-kata yang mudah diingat. Kata-kata yang mudah diingat ini biasa disebut sebagai slogan. Slogan yang aneh, unik dan lucu atau bahkan sedikit “nyleneh” terkadang justru membuat orang teringat-ingat dan bahkan tertarik untuk mengucapkannya berulang kali dan di berbagai kesempatan. Kalau hal ini sudah tercapai, berarti target pasang iklan boleh dikatakan sangat berhasil. Karena disamping informasi iklan menjadi tersampaikan, target iklan bahkan menjadi “agen iklan” tanpa disadari.

Temukan semuanya tentang Bisnis & Pasang Iklan: Iklan & Jasa - Iklan Baris & Iklan Gratis - Indonesia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar