Kamis, 27 Mei 2010

Strategi dan Cara Pasang Iklan Gratis Di Media Cetak


Cara promosi website bisa dilakukan dengan banyak cara, namun kalau dikategorikan hanya ada dua macam, yaitu online dan offline. Untuk cara online, sebagai publisher pasti Anda tau lah, bisa dengan tukeran link, submit URL ke situs direktori, social bookmarking, dll (dan lupa lagi hehehe…). Cara online banyak dilakukan karena cukup mudah dan yg paling penting adalah kebanyakan gratis :D

Nah, yg akan kita bahas dalam tulisan ini adalah bagaimana caranya agar kita bisa pasang iklan terselubung secara gratis bahkan pada majalah atau tabloid yg terkenal di Indonesia. Jujur aja ide ini muncul saat saya sedang pusing karena salah satu situs baru saya mendapat sedikit sekali pengunjung dari SEO dan backlink. Akhirnya dateng deh ide kreatif dan iseng untuk “mengerjai” media cetak yg ada di Indonesia hehehe… :D Hasilnya bisa jadi cukup memuaskan. Misalkan nama situs Anda muncul pada tabloid yg memiliki 100.000 pembaca tetap. Nah bisa jadi Anda memiliki ribuan visitor baru setiap harinya..

Strategi 1: Buat artikel yg membahas situs Anda secara detail

Dalam sebuah majalah/koran/tabloid tidak semua artikel yang ditampilkan merupakan hasil tulisan dari redaksinya. Ada beberapa media cetak yg open source, alias menerima kiriman artikel dari pembacanya. Nah, ini adalah salah satu peluang emas Anda untuk berpromosi secara gratis, malahan nanti Anda dapat imbalan karena telah mengirimkan artikel.

Agar lebih fair Anda bisa menggunakan identitas pihak lain dalam artikel tulisan Anda. Karena biasanya pihak redaksi akan lebih menghargai sudut pandang orang lain dari pada pembuatnya. Jadi seolah-olah Anda tidak tahu kalau ada orang lain yg sedang me-review situs Anda dan membuat artikelnya, padahal…. hehehe… belum tau dia :)

Strategi 2: Minta agar salah satu redaksinya mereview situs Anda lalu membahasnya

Gak semua redaksi media cetak selalu punya bahan untuk membuat tulisannya. Nah ini peluang emas kedua bagi Anda. Jadi jangan putus asa dulu jika ternyata Anda gak mampu membuat artikel karena gak terbiasa menulis. Anda bisa mengirim email pada salah satu penulisnya, bahkan pada pimpinan media cetak tersebut! Penulis yg sedang gak punya ide pasti akan menerima saran Anda dengan sukarela.

Strategi 3: Pura-pura nanya ke redaksi tentang situs Anda

Jadi gimana apakah strategi 1 dan 2 sudah berhasil? Kalo belum mungkin inilah strategi terakhir yg bisa Anda coba, dan memang cara ini yg paling sering saya pake hehehe :D

Anda bisa berpura-pura menjadi pembaca setia yg sedang bingung lalu menanyakan soal situs Anda keredaksi. Sebagai contoh kasus seperti ini: Anda punya situs yang membahas tentang download themes handphone. Nah Anda bisa mengirim email ke salah satu tabloid tentang handphone yg ada di Indonesia.

Ada beberapa poin yg perlu Anda perhatikan disini. 1. Anda menyebutkan bahwa Anda adalah salah satu pelanggan setia dari media cetak tsb, tujuannya tentu saja agar kemungkinan redaksi menjawab lebih besar hehehe… 2. Anda perlu sedikit memuji media tsb. Semoga Strategi pasang iklan gratis ini berhasil

dhinata.com

Temukan semuanya tentang Bisnis & Pasang Iklan: Iklan & Jasa - Iklan Baris & Iklan Gratis - Indonesia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar