Senin, 12 Juli 2010

Badan Keuangan Yang Sebaiknya Dihindari

Uang memang bukan segalanya, namun tanpa uang kita tidak akan bisa hidup. Sungguh ironis memang, apalagi di umur 20-an dimana keinginan dan hasrat untuk mendapatkan semua barang keinginan bisa digapai karena sudah bisa berpenghasilan sendiri. Biasanya pengeluaran akan lebih besar daripada pendapatan, nah, hal ini yang membuat kita untuk memanfaatkan semua peluang yang ada, seperti kartu kredit, kredit tanpa agunan (KTA), pinjaman bank, bahkan rentenir

Tidak kita ketahui bahwa semua itu adalah RACUN yang akan menjerumuskan kita kedalam dunia HUTANG. Segala kemudahan yang ditawarkan oleh para RACUN tersebut memang sangat mengiurkan, tetapi jika kita mampu berpikir sehat maka kita akan berpikir 1000x untuk melakukannya atau mungkin melakukannya dengan penuh pertimbangan dan perhitungan terlebih dahulu, tidak melulu mengikuti nafsu.

Berikut ini adalah beberapa RACUN yang sebaiknya dihindari

Pinjaman Tanpa Agunan

Saat ini banyak sekali sales pinjaman tanpa agunan yang menawarkan pinjaman dana tunai LANGSUNG cair dalam 1 hari.. WOW.. hebat sekali, sekarang memperoleh uang mudah bukan main. Tapi harap diingat, dibalik semua kemudahan itu tersirat segala macam aturan yang kurang lebih akan merugikan kamu. Bunga yang cukup besar merupakan salah satu momok daripada pinjaman tanpa agunan ini. Jika memang tidak mendesak sebaiknya hindari pinjaman tanpa agunan.

Pinjaman Bank

Tidak berbeda jauh dengan pinjaman tanpa agunan, namun pinjaman bank ini lebih rumit dalam hal administrasi serta harus ada jaminan dan belum tentu disetujui. Biasanya pinjaman dalam skala besar harus melalui pinjaman bank ini. Harus diingat pinjaman yang besar juga akan menjadikan bunganya besar juga, jadi waspadalah!

Penarikan Tunai Kartu Kredit

Kartu Kredit

Mempunyai kartu kredit bukanlah suatu kebangaan, karena itu adalah hutang kamu. Nah, salah satu fitur kartu kredit adalah penarikan tunai melalui ATM. Tetapi yang tidak diketahui adalah bunga dari penarikan ini hampir 2x lipat dari bunga cicilan kartu kredit itu sendiri. Jadi JANGAN pernah menarik uang melalui kartu kredit, kecuali memang benar-benar terdesak sekali.

Rumah Pengadaian

Tidak begitu berbeda jauh dengan pinjaman bank, kamu diharuskan untuk mengadaikan barang milik kamu untuk mendapatkan sejumlah uang. Harga barang kamu akan sangat jauh dari harga pasaran dan tidak bisa ditawar. Jika kamu menginginkan kembali barang gadaian tersebut, maka sang rumah gadai akan menjual dengan harga pasaran kepadamu. Jadi bisa dipastikan kamu pasti rugi.

Rentenir

Yang terakhir dan mungkin sangat ekstrim adalah rentenir. Biasanya rentenir akan memberikan bunga sesuka hati dan super besar. Biaya pengembalian bisa 2-3x lipat dari pokok pinjaman. Rentenir biasanya menggunakan kekerasan jika kamu tidak bayar tepat pada waktunya. Jadi SANGAT TIDAK DIANJURKAN!

Semua hal diatas memang tidak dilarang (kecuali bagian rentenir) namun sebaiknya dihindari jika memang tidak terpaksa. Sebaiknya menabung dan pending semua keinginan kalau memang dana tidak/belum mencukupi. INGAT! Sekali terjebak ke dalam belenggu hutang, kamu akan susah untuk keluar.

http://www.artikellama.blogspot.com

Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar