Rabu, 21 Juli 2010

Layout Desain Grafis

Bicara masalah layout design pada desain grafis, maka kita berbicara masalah sebuah ruang kosong yang harus diisi konten-konten berupa teks maupun gambar yang disusun sedemikian rupa hingga membentuk visualisasi menarik guna menyampaikan informasi tertentu kepada pembaca.Sebuah desain amatir dalam layout design akan sangat mudah dibedakan dengan yang profesional. Dan jika sudah dicap amatir, maka ini menyangkut nama baik dari informasi yang akan disampaikan dalam desain grafis.

Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan mengenai layout dalam desain grafis :

1. KONSISTEN

Penerapan beberapa elemen (bentuk, teks maupun gambar) dalam sebuah layout adalah salah satu rahasia jitu untuk membuat desain tampak professional.Cukup lakukan pengecualian pada bagian-bagian tertentu, seperti ketika ingin memberi ketegasan pada sebuah teks.

2. PINTAR DALAM MEMILIH FONT

Font adalah salah satu kunci penting dalam menyampaikan informasi dalam sebuah layout. Setiap font memiliki sifat masing-masing dalam menyampaikan pesan. Pilihlah font yang sesuai tema.

3. PRIORITAS

Dalam setiap layout desain, tentu ada bagian tertentu yang akan jadi prioritas untuk ditonjolkan, seperti judul maupun sub judul misalnya. Dalam hal ini, anda harus mampu memandu pembaca visual ke dalam rentetan pesan yang anda tawarkan dalam desain.

4. WARNA

Setiap warna mewakili sifat tertentu yang dapat mempengaruhi pembaca. Berikanlah warna yang sesuai dengan tema. Dan tentukan kapasitas warna desain anda.

5. MARGIN

Perhatikan margin atau batasan pada layout design anda. Berikan sedikit ruang yang cukup sehingga desain terlihat rapi. Sebuah layout design yang bagus akan sekejap menjadi amatir hanya karena kurang memperhatikan margin.

Sumber : desainstudio.com

Temukan semuanya tentang Bisnis & Pasang Iklan: Iklan & Jasa - Iklan Baris & Iklan Gratis – Indonesia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar