Jumat, 16 Juli 2010

Pendidikan Komputer Berperan Penting Untuk Generasi Muda

Saat ini, pendidikan komputer memiliki peran sangat penting. Ketika pada awalnya, para Ahli membuat komputer hanya untuk mengolah data dalam membantu mempermudah pekerjaan Ilmuwan, namun seiring berjalannya waktu, komputer digunakan dalam dunia Perkantoran dan Pendidikan. Tentu saja, karena dengan komputerisasi, segalanya menjadi mudah dilakukan.

Dalam dunia sekolah, pendidikan komputer merupakan sebuah keniscayaan. Bagaimana tidak, komputer sangat membantu sebagai Alat Bantu (media), Alat Uji, Alat Peraga yang dapat berinteraksi dengan siswa. Meski demikian, interaksi komputer dengan siswa tetap memerlukan peran pengajar yang berpengalaman). Keunggulan Interaksi komputer dengan siswa ialah lebih cepat, lebih obyektif, dan sebagai alat peraga (simulasi) dengan resiko mendekati Nol.

Progam simulasi atau software yang baik untuk pendidikan komputer disesuaikan dengan usia. Para Guru atau Orangtua harus memahami perkembangan pemahaman anak, Untuk anak usia 0-2 tahun anak mendapat pemahaman dari panca indra dan bahasa isyarat, Mulai Usia 3 tahun, anak mulai menggunakan bahasa dan lambang atau simbol tertentu bahkan sudah mulai bisa memahami logika.

Dalam pendidikan komputer, dimulai dengan pemahaman konsep tentang komputer mulai dari istilah, perintah, cara kerja dan konfigurasi yang digunakan. Ini dapat dilakukan sedini mungkin sejak sekolah dasar atau sekolah menengah pertama. perlu juga ditanamkan keuntungan-keuntungan yang bisa diperoleh dengan adanya alat bantu komputer.

Keunggulan pendidikan komputer untuk anak-anak ialah pada program atau software "edutainment" gabungan EDUcation (pendidikan) dan EnterTAINMENT (hiburan). Karena masa kanak kanak ialah masa penuh keceriaan atau hiburan dan Program "edugame" gabungan EDUcation (pendidikan) dan game (permainan).

Software tersebut bisa meningkatkan kreativitas anak, melatih syaraf motorik, Sebagai contoh antara lain Permainan kombinasi benda, Berhitung, Tebak Angka, Tebak Gambar, Menyusun Gambar, Karena didukung peran perangkat media gambar, suara, bahkan gerak (multimedia). Dengan demikian, suasana belajar menjadi menarik dan menyenangkan.

Sumber : bebexbiroe.blogspot.com

Temukan semuanya tentang Bisnis & Pasang Iklan: Iklan & Jasa - Iklan Baris & Iklan Gratis – Indonesia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar