Kamis, 08 Juli 2010

Tips Menghidupkan Genset Disaat Mati Lampu

Berhubung negara hobi dalam pemadaman listrik mendadak dan tanpa pemberitahuan (sudah tradisi), banyak pengusaha menggunakan alternative lain yang bisa mengurangi resiko terancamnya usaha mereka. Tentu saja segala aktivitas yang berhubungan dengan listrik akan mempengaruhi kinerja dan pendapatan mereka dalam hitungan hari, bahkan dalam hitungan jam.

Penggunaan mesin genset menjadi salah satu factor dominan yang sangat dicari sebagai solusi dari pemadaman listrik di tanah air.

Beberapa tips yang harus anda perhatikan dalam penggunaanya :

pertama, tidak menempatkan mesin genset di dalam ruangan, mengingat karbonmonoksida yang dihasilkannya dapat mengontaminasi kualitas udara di dalam rumah yang tidak boleh dihirup manusia. Untuk amannya, letakkan genset di ruangan luar dengan sirkulasi udara yang baik namun tetap terlindung dari hujan dan aliran udara tidak mengarah ke dalam ruangan.

Penempatan ini juga sebaiknya menggunakan system grounding untuk system listrik di rumah, sehingga kelebihan arus listrik yang ditimbulkan medan magnet dapat tersalurkan ke tanah dan menghindari terjadinya sengatan listrik.

kedua, usahakan untuk tidak menggunakan mesin genset melebihi kapasitasnya dan biasakan menghidupkan barang elektronik yang memerlukan daya listrik paling besar terlebih dahulu.

ketiga, perawatan mesin genset secara langsung akan berpengaruh pada kinerja genset. Jika setiap komponen mesin genset dirawat dan dijaga kondisinya, maka kinerjanya menjadi lebih baik serta memberi keamanan selama proses bekerja. Itu sebabnya, selain dibersihkan secara berkala, periksalah volume oil, air radiator, dan tangki bahan bakar secara teratur dan melakukan penggantian dengan rutin.

Dianjurkan juga untuk menyalakan mesin genset setiap minggu sekali tanpa diberi beban untuk sirkulasi oli sehingga seluruh komponen genset lebih tahan lama. Kencangkanlah baut-baut genset jika ada yang kendur dan lakukan service tenaga ahli.

http://www.artikellama.blospot.com

Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar