Selasa, 21 Desember 2010

Tips dan Trik Membeli Gitar Listrik


Buat loe yang kepengen membeli gitar, Ada beberapa hal selain budget tentunya, yang perlu loe perhatikan dan pertimbangkan pada saat memilih alat musik satu ini, Berikut beberapa tips yang perlu perhatikan sebelum membeli gitar di tempat jual alat musik atau toko musik:

Gitar elektrik/listrik:

- Warna : loe bisa pilih sesuai dengan selera loe, yang jelas catnya harus bagus, tidak mudah mengelupas atau terkena gores.

- Bentuk : ada banyak pilihan, tinggal pilih yang sesuai selera loe juga seperti : standar, sirip, atau bentuk lainnya.

- Fret : jumlah fret disesuaikan saja, bisa 21,24 atau ditambah lagi seperti punya brian may, he..he… Tinggal nada tertinggi yang ingin dijangkau saja. Cobalah nada tiap fret dengan memetik gitar, jangan sampai keliru, biasanya ada gitar yang jelek, sehingga ada 2 fret menghasilkan satu nada, atau nadanya sumbang (fals).

- Senar : untuk gitar elektrik senarnya adalah steel string, bukan dari nylon, pilih yang kuat, tidak mudah putus, lentur kalo bisa jangan sampai bikin jari sakit, atau mudah lepas selubung senarnya ( biasanya pada senar E besar/senar no 6 dan senar A/senar no 5 ).

- Bahan : ada beberapa pilihan kayu yang cukup kuat seperti kayu mahoni, jati (teak), biasanya yang berat adalah yang baik, tapi kalo terlalu berat juga ga asyik pada saat loe menggunakannya diatas panggung. Kalo gak ngerti, tanyain juga ke pen
jual alat musik nya

- Neck : pilihlah gitar yang neck-nya kuat dan lurus agar tidak mudah patah atau bengkok. Biasanya didalam neck gitar ada plat logam untuk kekuatan necknya.

- Pickups : gunakan pickup yang suaranya keras, jernih, tidak mudah pecah ketika digeber dalam volume maksimal, pengaturan volume dan tone-nya bagus, tidak mudah noise (noise jika diinginkan saja) sehingga merusak nada.

- Pemutar senar dan head : untuk pemutar senar gunakan yang tahan karat. Head bisa menghadap ke atas atau kebawah dan juga bisa sama-sama ( 3 senar menghadap atas, 3 senar menghadap bawah, tinggal bentuknya ). Perhatikan posisi senarnya pada head : carilah posisi untuk senar E tinggi (senar no 1) apakah yang terjauh atau tidak diukur dari
bridgenya, carilah yang terdekat saja karena senar E tinggi mudah putus ( tapi biasanya headnya menghadap ke atas ).

- Saklar : pilih yang didepan saja, enak ngaturnya. Terkadang ada pentolan saklar yang gampang lepas, cari yang kuat. Perpindahan suara, hidup mati (on-off) yang diatur lewat saklarnya juga harus jelas.

- Jack : untuk jack kabel ke ampli lebih asyik kalo di pinggir saja daripada didepan, karena kalo didepan menghalangi tangan untuk bebas bergerak mengatur handle bridge.

Semoga mendapatkan gitar yang loe inginkan :)

sumber:simphonymusic.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar