Kamis, 13 Januari 2011

Tepat Memilih Aplikasi Komputer yang Tepat




Aplikasi komputer (atau biasa juga disebut program komputer) adalah perangkat lunak yang dipakai untuk keperluan-keperluan tertentu. Sebagaimana kita ketahui, untuk setiap keperluan terdapat banyak pilihan aplikasi. Untuk media player saja, sebagai contoh, di hadapan Anda telah tersedia Media Player Classic, Windows Media Player, Quick Time, Real Player, XingMPEG, WinAmp, PowerDVD, dan masih banyak lagi yang lainnya. Anda pasti hanya akan menginstal satu, dua atau tiga saja diantara sekian banyak aplikasi sejenis . Masalahnya, apa pilihan Anda? Disinilah masalahnya.

aplikasi komputer

Beberapa hal yang bisa dijadikan bahan pertimbangan pada waktu memilih aplikasi adalah sebagai berikut. Pertama, seberapa sebuah aplikasi akan membebani komputer Anda (terutama RAM, dan juga ruang hard disk). Plihan aplikasi mungkin banyak, tetapi harus diingat bahwa Anda dibatasi oleh spesifikasi komputer Anda. Kalau komputer Anda berspesifikasi super tinggi, Anda bisa menginstal versi atau release terbaru dari berbagai jenis aplikasi.

Kedua, seberapa bagus sebuah aplikasi meng-cover fungsinya. Sebagai contoh, aplikasi penyunting video yang bagus adalah yang bisa melakukan hampir semua jenis manipulasi video. Dengan kata lain, pilihlah aplikasi yang fitur-fitur atau fasilitasnya paling lengkap.

Ketiga, kompatibilitas sebuah aplikasi dengan komputer atau operating system Anda. Sejumlah besar aplikasi hanya bisa dinstal pada platform Microsoft Windows. Sebagian yang lainnya khusus untuk Linux, Mac, dan sebagainya.

Keempat, seberapa user-friendly sebuah aplikasi. Anda tentu saja akan memilih aplikasi yang lebih mudah dioperasikan: kelihatannya sederhana dan simpel namun fitur-fiturnya sangat lengkap.

Kelima, harga. Ini terutama jika Anda hendak mendapatkan versi aslinya (bukan bajakan). Anda tentunya akan memilih yang lebih murah harganya. Namun jika Anda ingin mendapatkan versi bajakannya, tentunya faktor harga bukan lagi pertimbangan utama.

Keenam, ketersediaan. Sebagus apapun sebuah aplikasi komputer, jika Anda tidak bisa mendapatkannya karena tidak ada di toko atau persewaan installer maka ya sama aja dengan bohong. Anda tentu saja akan menginstal aplikasi yang installer-nya bisa Anda dapatkan.

Itulah beberapa hal yang mungkin bisa Anda pertimbangkan ketika memilih sebuah aplikasi komputer.

(abdurrosyid.wordpress.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar