Jumat, 08 April 2011

Prospek Bisnis Catering


catering


Catering - Prospek Bisnis jasa boga merupakan salah satu niche bisnis yang paling banyak diminiati. Hampir setiap hari bisnis ini dimasuki oleh pendatang baru. Tetapi pasar ini seolah-olah tidak pernah jenuh karena populasi manusia yang semakin meningkat. Tulisan berikut ini mungkin dapat menambah sedikit referensi anda yang berminat dalam membuka usaha catering.

Menjalankan suatu kegiatan usaha yang lancar berkesinambungan dan terus berkembang merupakan keinginan semua pelaku bisnis, namun untuk bisa mencapai impian tersebut tentu membutuhkan ketekunan serta keseriusan dalam pengelolaannya karena masing jenis kegiatan usaha mempunyai karteristik tersendiri. Demikian pula halnya dibidang usaha Jasa Boga dimana pada era tahun 2004 terjadi booming munculnya pelaku-pelaku baru dibidang usaha jasa boga, baik itu usaha Catering, Bakery maupun aneka macam Restoran.

Membuka dan menjalankan usaha Jasa Boga banyak dilihat orang adalah suatu usaha yang mudah karena adanya anggapan bahwa setiap manusia hidup butuh makan sehingga konsumen yang butuh makan tidak pernah habis dan bahkan terus bertambah dari tahun ketahun, dan bisa dikatakan bahwa konsumen jasa boga belum juga mengalami titik jenuh. Namun demikian fakta dilapangan menunjukkan tidak semua pelaku bisnis Jasa boga dapat berkembang dengan baik, bahkan ada yang layu sebelum bisa memetik hasilnya.


Usaha Jasa boga bukan sekedar hanya berbekal bisa memasak atau menghasilkan satu – dua jenis masakan kemudian bisa menjual / membuka usaha dibidang jasa boga, untuk bisa tumbuh, berkembang dan lestari tentu diperlukan managemen sebagaimana layaknya kegiatan usaha lainnya.

Namun bagi para pelaku bisnis yang baru akan terjun dibidang usaha jasa boga tidak perlu takut apabila kita sudah yakin dan siap untuk menekuni bisnis yang menjadi pilihannya.

Untuk dapat hidup, berkembang, dan bertahan dalam jangka waktu yang lama didalam bisnis Catering ada Aspek yang perlu diperhatikan, antara lain yaitu :
1. Aspek Legal
2. Aspek Sumber Daya Manusia
3. Aspek Produksi
4. Aspek Finansial
Dari keempat aspek tersebut masing-masing memiliki karateistik tersendiri bila dibandingkan dengan kegiatan usaha yang lainya. Walaupun secara umum dalam dunia bisnis ke empat aspek tersebut juga dijumpai di kegiatan bisnis apapun.

Sumber: Ir. Sumartoyo

Temukan juga Disini info seputar Makanan & Minuman

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar