Senin, 04 April 2011

Tips Melewati Genangan Air Saat Berkendara

Automotive - Naik sepeda motor mungkin jadi pilihan banyak orang saat ini. Moda transportasi darat yang bebas macet, lincah sekaligus irit. Namun, seringnya hujan di menjadi tantangan tersendiri. Apalagi jika banjir menggenang.

Untuk menghindari mesin mati saat melintas genangan air, sebaiknya memang menghindari ruas jalan yang tergenang air. Namun, bila sudah kepalang tanggung, ikuti beberapa tips mudah di bawah ini agar motor kesayangan tidak mogok saat menerjang banjir.

Tarik gas secara konstan. Jangan memainkan gas saat melintasi banjir. Hal ini untuk mencegah air masuk ke mesin dan knalpot. Tarikan gas yang konstan dan stabil menjaga mesin tetap panas dan knalpot terus bekerja menjauhkan air untuk masuk ke sana.

Hindari melaju terlalu kencang saat melintasi genangan air. Hal ini untuk menghindari kecelakaan, biasanya banyak pengendara yang terjatuh karena melindas lubang yang tidak terlihat akibat genangan air. Kecepatan rendah juga bagus untuk menjaga keseimbangan akibat riak air yang menerpa ban kendaraan kita.

Sesaat setelah melintasi genangan air, segera menepi. Jangan matikan mesin. Nyalakan untuk beberapa saat hingga kondisi mongering dan nyala mesin kembali stabil. Setelah itu keringkan busi dan diamkan mesin untuk beberapa saat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar