Selasa, 20 September 2011

Tips Memilih Batik yang Asli



Buat anda penggemar baju batik, harus teliti dalam memili baju batik, Karena kebanyakan sekarang sudah beredar pakaian batik impor dengan harga murah. Pakaian batik impor yang murah itu adalah bukan batik, tapi tekstil bermotif batik. Ada beberapa tips sederhana dalam memilih batik yang asli:

bati pekalongan


- Biasanya pembuatan batik & pembuatan batik tulis setiap gambar dan setiap motifnya tidak sama persis (asimetris). Ada bagian yang terlalu kecil dan ada bagian yang terlalu besar. dalam tiap gambar juga tidak sama besar-kecilnya. hal ini wajar terjadi karena proses pembuatannya secara manual.

- Motif batik tulis selalu dibatik terusan, maksudnya sesudah dibatik dibatik lagi di belakang kain agar motif kelihatan lebih jelas.


-Motif batik tulis asli biasanya memiliki aroma yang khas, karena kain batik ini atau diwarnai dengan kulit-kulit kayu, seperti kayu tingi (untuk warna hitam, kayu teger (untuk warna kuning), kayu jambal (untuk warna coklat), daun Tom dan akarnya (untuk warna biru).

- Mori yang dipakai biasanya lebih berat dibanding mori untuk jenis batik lainnya.

- Semakin kecil-kecil dan rumit motifnya, biasanya b
atik itu semakin halus.

Untuk membedakannya anda bisa lihat langsung gambar motif di bagian kain dalamnya. Kalau batik tulis atau cap akan terlihat di bagian dalam kainnya. Lalu kalau dicium, batik asli itu malam atau lilinnya akan tercium.

Semoga bermanfaat

Info Terkait: Batik Pekalongan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar