Selasa, 27 Maret 2012

Tips Merawat AC Rumah

Saat ini penggunaan air conditioner (ac) sudah menjadi hal yang biasa terutama di kota-kota besar di Indonesia. Hal ini dikarenakan cuaca panas yang membuat gerah. Ac saat ini banyak digunakan untuk kantor-kantor dan juga gedung perhotelan, bahkan juga untuk rumah.

http://media2.id.88db.com/DB88UploadFiles/2011/11/01/36639BE6-5438-446F-B7EF-1F1A9F2F4CFF.jpg

Sebagai pengguna AC ada baiknya kita harus merawat dan service AC secara berkala. AC yang tidak dirawat secara rutin dan teratur bisa menjadi polusi udara bagi penghuninya hingga menyebabkan penyakit terutama gangguan saluran pernafasan karena adanya bakteri dan virus pada AC yang kotor.

Untuk mencegah hal ini, perawatan AC ruangan ini sangat diperlukan. Meskipun pemeriksaan komponennya biasanya dikerjakan oleh teknisi service ac, tak ada salahnya untuk mengetahui komponen mana saja yang harus diberi perhatian khusus oleh service ac.

- Saringan atau Filter Udara di cek sekali dalam sebulan. Kotoran pada saringan bisa menghambat sirkulasi udara dan juga tempat bersarangnya kuman, bakteri dan jamur. Selain itu membuat kerja AC menjadi berat dan ruangan tidak menjadi dingin secara maksimal.

- Kondensor yang terletak di luar rumah bebas dari debu, dan letakkan di tempat yang jauh dari semak dan daunan. Bersihkan debu ini dengan menggunakan vacuum cleaner atau bisa juga dengan menggunakan jasa service AC.

- Lakukan service AC secara rutin, untuk penggunaan harian bisa service setiap 3 bulan sekali, atau 6 bulan untuk penggunaan yang tidak terlalu sering.

Dengan melakukan perawatan rutin, kerja AC maksimal dan kesehatan pun terjaga serta biaya listrik jadi lebih ringan.(wk)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar