Kamis, 19 November 2015

Tips Bagaimana Cara Menggunakan Mixer Roti

Planetary Mixer 30L
Mixer Roti – Banyak orang yang mengatakan bahwa membuat roti itu susah. Benar adanya karena membuat roti yang bagus dan mengembang itu menjadi sebuah kegiatan yang susah susah gampang, apalagi jika membuatnya tidak menggunakan mixer roti, maka Anda harus menggunakan tenaga yang lebih ekstra untuk menguleni, membuat kali, dan mengaduk aduk adonan dengan menggunakan tangan. Caranya memang tidak praktis, apalagi jika membuat roti dalam jumlah yang banyak, Anda pasti akan merasa kelelahan dan alhasil adonan menjadi tidak sempurna sehingga roti akan bantat.
Mixer Roti Mempermudah Pembuatan Roti
Karena pembuatannya yang cukup rumit, maka ada baiknya Anda menggunakan mixer roti yang akan meringankan beban kerja Anda terutama dalam hal membuat adonan, menguleni dan mengaduk aduk bahan yang digunakan. Apalagi jika Anda membuat roti untuk keperluan bisnis dan dagang, otomatis penggunaan mixer akan semakin memudahkan dan membuat waktu lebih singkat serta efektif.
Untuk membuat roti diperlukan bahan bahan yang cukup banyak. Misalnya saja untuk tepung terigu dengan jumlah 500 gram diperlukan air sekitar 100 ml dan 4 kuning telur untuk mengembangkannya. Selain menggunakan telur, pengembang lainnya digunakan ragi sebanyak 1 bungkus seberat 11 gram. Bahan lainnya yang diperlukan ialah gula pasir sebanyak 5 sendok makan, susu bubuk 2 sendok makan, 125 gram margarin, dan garam sekitar 1/2  sendok teh untuk memberikan rasa dan menguatkan rasa yang sudah ada.
Cara membuat roti dengan menggunakan mixer roti cukup mudah. Tidak berbeda dengan menggunakan tangan, menggunakan Mixer Roti akan lebih memudahkan karena tangan tidak harus bekerja secara bolak balik mengaduk dan menguleni adonan. Tangan hanya menaruh bahan bahan di dalam wadah lalu mengendalikan mixer baik dari kecepatan atau pun proses dan alur pembuatan. Yang pertama dilakukan adalah mencampur bahan bahan yang bersifat kering yaitu tepung terigu, ragi, susu bubuk dan gula di dalam sebuah wadah lalu aduk secara merata. Jika sudah, maka selanjutnya akan menggunakan mixer sambil menambahkan air sedikit demi sedikit.
Ketika adonan sedang di aduk oleh mixer, selanjutnya ialah menambahkan kuning telur, dan garam lalu terus diaduk hingga kalis. Masukkan margarin untuk proses terakhir hingga tekstur adonan menjadi kalis dan sesuai dengan keinginan. Jika sudah yakin bisa dibentuk, matikan saja mixer lalu diamkan adonan kurang lebih 30 menit. Biarkan adonan mengembang dan melakukan istirahat. Proses pengalisan menggunakan mixer jauh lebih mudah dibandingkan ketika menggunakan tangan. Jika sudah mengembang, selanjutnya ialah mengempeskan adonan, membentuk sesuai dengan bentuk yang diinginkan, pencetakan di dalam Loyang dan dipanggang di dalam oven selama 15 hingga 20 menit. Penggunaan Mixer Roti sudah selesai pada saat adonan kalis tetapi untuk pembuatan roti selanjutnya mixer akan selalu digunakan untuk mencampur semua bahan menjadi adonan yang berkualitas karena tercampur dengan baik dan kalis dengan sempurna.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar